Rabu, 24 Juli 2013

Apa Sih GALAU?



Yeah sobat blog masih bersama gw, Yogi Yogaswara, Mahasiswa TI yang gak doyan ngoding, karena percaya deh kalo elu pada doyang ngoding, dapat menyebabkan. Gagal Cinta, Lupa Makan, Lupa Tidur. Dan 1 lagi lu jadi punya dunia sendiri di Coding itu. #UdahGituAja
Hmm karena berhubung gw lagi free, ya udah gw Update lagi aja dah artikel di Blog gw, hohohoho… Kali ini gw mao Update cerita tentang GALAU? Hmm kenapa akhir akhir ini gw bahas tentang Cinta yah? Apa karena gw lagi Fall Ing Love? Atau karena gw lagi Broken Down? Kagak sobat Blog,,, gw lagi pelajarin apa itu CINTA 1 kata yang bisa nyebabin Manusia menjadi GALAU. Hahaha, ok skip




Anyway sebelumnya gw mao bahas tentang GALAU? GALAU itu sebenernya sih singkatan Gelisah Antara Lanjut Atau Udahan, atau yah seperti gambar di atas ada singkatan dari bahasa Inggris kalau GALAU (God Always Listening And Understanding) #udahgituaja,, Cuma gw di sini bahas tentang GALAU setau gw aja yah sobat Blog, karena emang gw masih belajar jadi gw gak tahu detailnya definisi GALAU.
Hmm dimulai dari mana yah??
Okkk gw mulai dari Mengheningkan Cipta Mulai
………………………………………………….
………………………………………………….
………………………………………………….
Sudah…
Upss maaf Sobat Blog gw kebawa Suasana..
GALAU?
Kenapa sih bisa GALAU?
Sebelumnya perhatiin dah gambarnya bentar?


Tuh kan, Kucing aja bisa Galau? Apalagi Manusia yang punya pikiran dan sifat yang lebih Kompleks di banding si Kucing, pasti bisa banyak Kegalauannya.
Penyebab Galau itu sebenernya beragam sobat Blog, ada yang namanya GALAU karena Cinta, GALAU karena Kerjaan, GALAU karena kehidupan, GALAU karena gak dapet pasangan Hidup, GALAU karena gagal meraih cita cita (kalo yang ini pengalaman gw pakek banget sobat Sob) dan yang lebih ngenes buat saat ini adalah, GALAU karena gak dapet THR.. #Ngenessss
Tapi pembahasan gw di sini gak berat banget kok sobat blog, apalagi buat Remaja kayak gw, Hmm Galau itu pasti selalu ada di Hidup para Remaja? Karena apa, GALAU itu Proses. Proses dimana kita membentuk pola pikir kita menjadi dewasa. Nah cukup penjelasannya, gw mao kasih tau penyebab GALAU itu apa...
Cekidottttt :
Penyebabnya antara lain:

  1.     Jati Diri
Para remaja mungkin sering mempertanyakan siapa jati dirinya? siapa sih gua? mau jadi apa sih gua? Pertanyaan seperti itu dan keingin tahuan akan jati diri terkadang bisa menjadi awal mula Kegalauan.  Dan ini bener kok, pengalaman gw mencari Jati Diri gw masih sulit buat di temuin, karena emang gw gak mao Jati Diri gw itu ada di posisi yang salah. Karena hidup ini Cuma sekali sob, jadi cari Jati Diri elu secepat mungkin, dan selagi muda buat suatu karya di mana elu bisa di kenang sob itu prinsip pencarian Jati Diri gw. =)

2.            Cinta

Nah,, hahaha, udah lah kalo yang ini pasti udah ketahuan dah, remaja sekarang demen banget yang namanya GALAU karena cinta. Ketika ada CINTA yg datang, para remaja sering galau ketika rasa itu datang dam mayoritas remaja itu gak tahu apa yang harus dilakukanya..Mayoritas remaja kita sering gagal dalam mengelola api asmara yang sedang berkobar-kobar dalam dirinya.Terkadang mereka malah terjerumus kedalam nafsu setan.  Dan ini bener banget kok sob, terlebih gw Alamin semester kemaren gw GALAU karena Cinta,, Pedih sobb,,, tapi berkat gw GALAU in Cinta, gw jadi mengerti Cinta itu apa, karena gw belajar tentang Cinta, biar ke depan gw tau hal apa yang gw bakalan lakukan sama diri gw nanti soal Cinta.. Intinya CINTA itu butuh pembelajaran, banyak temen gw yang gagal saat Bercinta, karena mereka pada sok tahu soal Cinta, karena mereka gak mao belajar soal Cinta, malah mereka ledek gw.
Gw : Cinta itu perlu kok di Pelajarin, karena bisa bikin kita gak bikin kesalahan di suatu saat nanti.
Temen : Halah, sok iye lu gi, ini liat nih gw gak perlu pelajarin Cinta, gw pasti bisa bertahan lama sama Dia.
Gw : (Nelen Baygon), iya dah iya....


Beberapa hari kemudian..............

Temen : Gi, gw di putusin sama cewek gw kemaren,,,
Gw : (elu mamam tuh hahahaha Yeah gw seneng, sekali lagi gw ucapin gw seneng #JahatAmatGw) oh ya udah sabar yah. nanti juga ada kok yang lebih baik dari dia.

Intinya sobat blog, Cinta itu sangat perlu di pelajarin, karena Apa? Cinta itu suatu kata yang menurut gw masih misteri dan penuh banyak Rahasia di sana, hmm Someday gw bahas soal Cinta yah,, soalnya gw lagi cari referensi lagi soal Cinta biar tulisan gw Klop.. :D

3.       Kurang percaya diri/minder.

Nah yang  ini bener banget nih, waktu SMA gw itu sangat pakek banget kurang PD di depan temen gw, karena waktu SMA gw punya sifat yang namanya Pendiem... Hmmm, karena saking Pendiemnya gw sempet di bilang sama temen gw.
Temen 1 : si Yogi kalo di kelas suka banget diem yah? apa karena dia lagi Puasa ngomong.
Temen 2 : Hmm, bukan kali, dia itu pendiem karena emang mulut dia bau, jadi dia gak mao ngomong.
Temen 3 : Bukan,, dia itu pendiem karena dia Cool.
Temen 4 : Bukan, elu semua salah, dia itu diem karena dia lagi mikirin gw.

Hahahah udah ah, makin banyak temen yang gw tulis kelihatan banget makin ke bawah gw makin di Puji, ngoahahahahaha......
Para remaja sering kali tidak yakin dengan diri sendiri mereka cenderung hanya ikut-ikutan teman-temanya dan lingkunganya dalam bergaul. Dan ini bener banget sobat blog, karena emang kebanyakan remaja sekarang ada yang namanya berGenk, dulu gencar banget tuh waktu SMA bikin yang namanya Genk, ada yang namanya Genk Kampak, ada yang namanya Genk Ulet Bulu, Genk Sikat , Genk Begeng, Genk TBC,, ngohahaha,, kok genknya malah nama penyakit yah?
Yah intinya gini, cara bikin PD itu sebenernya beragam. Gw kasih tahu yah sobat blog PD itu penting banget buat Kehidupan, karena apa? PD itu bisa bikin kita.
1.       Jadi beda sendiri sama orang lain, karena emang kita PD sama diri kita
2.       Merasa agak banyak Temen, karena orang PD itu biasanya pergaulan mereka jauh lebih Luas di banding orang yang minder.
3.       Cari lagi sendiri yah sobat blog bisa bikin apaan aja,, ngohahaha

Gw rasa itu aja sih penyebab GALAU yang gw jelasin,, anyway gw kasih tau nih Manfaat GALAU itu apa..
Pasti ada yang nanya.
“Ini penulisnya aneh, masa iya GALAU ada manfaatnya?”
Hahaha,, semua hal itu pasti ada manfaatnya sob, gak mungkin di Dunia ini gak ada 1 hal yang gak bermanfaat. Ok cukup OOTnya, gw kasih Tau Manfaat GALAU itu apa aja..
Cekidottttttttttttttt
Yang Positif

  • ·         Bisa tahu siapa itu temen yang bener bener bisa ngertiin elu sob, soalnya temen sejati itu ada di saat kondisi elu lagi terpuruk (bahasa kerennya adalah GALAU) dan elu jadi bisa tahu siapa aja sih temen yang Cuma jadi simbiosis Komensalisme, Parasitisme, atau Mutualisme

  • ·         Membuat kita jadi sadar diri bahwa kita itu Mahluk yang gak SEMPURNA karena ke SEMPURNA an itu hanya milik Allah semata sobat Blog, dan galau itu jauhkan kita dari takabur, karena dengan GALAU kita bisa Intropeksi diri, dimana letak kesalahan kita. Orang yang gak pernah galau berarti dia takabur. Hiiiiiiii Amit amit dah


  • ·         Dekat dengan Allah, nah kalo menurut gw ini di Ibaratkan elu lagi di tegur sob sama Allah, karena apa, mungkin selama ini elu lupa sama urusan Akhirat elu, sampai elu Ninggalin ibadah elu sebagai orang yang punya Agama sob, dab orang galau perlu tempat meratap,mengadu dan memohon. Dan kalo elu deket sama Allah, gw yakin, masalah sebesar apapun aka bisa nemu titik solusinya sobat Blog, Entah itu elu GALAU atau ada Masalah yang menurut elu berat kalau kata Allah, KunFayakun  itu masalah, dan keGALAUan elu bisa hilang selama elu masih berpegang teguh sama Agama elu sob. Dan GALAU membuat kita merasa rapuh , makanya  kalo orang lagi galau selalu dekat dengan Tuhanya. Doanya pasti khusyu’ dah pernah pas lagi GALAU, malah saking Khusyuknya gw pernah tuh nangis sambil Doa.. TT____TT

Nah gw udah cerit sisi Postif manfaat GALAU, sekarang sih gw mao ceritain sisi Negatif GALAU itu apa..
Cekidotttttttttttt
Ni Negatifnya:
1.       KITA BAKALAN BUANG BUANG WAKTU
coba dah kita pikir, berapa jam waktu elu terbuang cuma gara gara galau? gue udah tau pasti sepasti pastinya, kalian enggak mungin bisa nge-galau dalam waktu 1 detik, 1 menit pun enggak bisa apalagi sedetik?! (it’s madness Men) setidaknya elo bisa ngabisin waktu loe seharian penuh buat hal yang sama sekali enggak penting itu. Inget sob, waktu terus berputar, masa Iya elu mao ngabisin masa muda elu (masa Produktif elu Cuma buat GALAU) It’s Mad bro kalo ngelakuini itu,, Hmm sebagai Bahan Pertimbangan “Gw harus apaain selama gw GALAU supaya waktu gw gak kebuang?”, coba elu liat dah gambar di bawah ini.


Nah elu pahamin dah tuh Gambarnya,, sekali lagi gw Cuma Bilang PAHAMIN GAMBARNYA... #UdahGituAja

2.       KITA BAKALAN BUANG BUANG AIR MATA
Iya itu pasti Sob,,  apalagi yang baru diputusin pacarnya atau yang baru stalkerin gebetannya atau yang baru aja Di TOLAK sama Gebetannya, kalau elo terus terusan nangis ntar mata loe jadi bengkak, terus merah, terus jelek, terus keriput, terus enggak laku laku deh lu,, Ngohahahaha... Gw pernah kok Sob nangis,, menurut gw Nangis itu wajar asalkan cukup 1 hari aja, karena inget Air Mata itu berharga banget sobat Blog masak iya elu keluarin air mata buat orang yang gak hargain usaha elu sih? Mendingan juga air mata elu di jual itu ke toko Mutiara (#Ehhh udah kayak air mata putri duyung, ngohahahaha). Hmm kalo kata temen gw yang cewek, kalo cowok nangis itu dia berarti cowok yang berperasaan sob.... Hahaha,, Cuma inget jangan keseringan nangis,, jadi Banci Iya,,,hiiiii Akika kan bukan bansyennn Boooooo... Ngohahahaha....

3.       KITA BAKALAN BUANG BUANG TENAGA
Ini pasti dan pasti banget sob sangat sangat pasti dan absurd, bayangin aja, kita yang tadinya semangat, yang tadinya kita ngerasa bersyukur Hidup di Dunia ini karena prestasi yang pernah kita raih,, Cuma jadi Brakkkkkkkkkkkkkk,, kondisi elu jadi Kacau di saat GALAU.. Oh menn itu sama aja elu buang tenaga apa yang pernah elu peroleh, apa yang pernah elu raih jadi Hilang seketika.. Ihhhhh Amit amit dahh,,,

4.       KITA BAKALAN BUANG PIKIRAN DI OTAK KITA
yaiyalah secara kita bakalan isi otak kita dengan hal negatif bukan hal positif, karena bentar bentar,, di benak lu Cuma ada
AKU GALAUUUUUUUUUUU,,
AKU Benci HIDUP di DUNIA INIIIIIIIIII,,,
Aku sebellllllllllllll,,
AKU GANTENGGGGGGGGGGG.. (Upsss ini cukup buat gw aja). Ngohahahahaa
mangkannya jangan galau yak Sobat Blog! Galau Boleh Cuma jangan Kelamaan... Inget sob pesen gw
“Orang yang sukses itu pernah merasakan Kegalauan pada Hidupnya, Cuma dia sadar di saat dia Galau, dia harus bisa bangkit dari Kegalauannya, karena orang yang GALAUnya kelamaan bisa jadi GILA”
Hiiiiiiiiiiiiiiiii,, amit amit kan,, masak iya mao jadi orang GILA??? Gw sihh ogahhhh.... Ngohahahahaha

Nih inget kata Pesen Bang Bokir....


 

Nah barusan gw kasih tau apa itu manfaat GALAU,, sekarang gw kasih tau apa itu yang namanya cara Ngatasin GALAU... kalo menurut gw sih bisa di Bilang Move On,, nah kalo soal Move On sebenernya mao gw bikin lagi artikelnya sob,, Cuma karena keterbatasan waktu yang gw milikin saat ini,, jadi menurut gw nanti aja dah gw bahas yang detailnya, sekarang gw mao bahas yang gw Inget Aja yah...
Cekidottttttttttttt
Cara mengatasi GALAU
Nahhhhhhhhh Ini dia..

1.       Jangan berfokus pada PATAH HATIMU.
jangan berfokus pada perasaan patah hati mu.jangan selalu fokus pemikiran mu kepadanya saat kamu di landa galau, buat la kamu seenjoy mungkin cari la kegiatan yang menyenangkan. lupa kan la diaa walau itu sulit..dan gak mungkin kita bisaa lupa sama dia seperti amnesia terlebih otak kita itu punya Ingatan yang tajam banget di saat kita memiliki masa Bahagia, karena otak kita memiliki Memori yang namanya (gw Lupa hahaha), intinya di Otak kita selalu merekam kejadian yang bisa bikin kita inget masa masa bahagia....
2.       Lihatlah di Keadaan sekitar elu.
memang saat kita patah hati kita merasa sangat menderita, tapi apa elu tau di luar sana lebih banyak orang yang lebih menderita dari kita. coba buka mata ! lihat lah di sekeliling elu.. orang yang sangat menderita sekalipun gak terus terusan mengeluh.tapi kenapa loee bru patah hati aja ngeluh, gw ambil contohnya, coba deh elu liat mereka yang gak bisa Kuliah, di benak mereka sebenernya Kuliah itu penting banget, Cuma karena ketidak Mampuan ekonomi mereka, mereka gak bisa Kuliah, padahal menurut mereka, Kuliah itu bisa nambah wawasan mereka soal Pendidikan.. Open Your Mind guys,, Dunia Ini terus berputar,, sampai KAPAN ELU MAU TERPURUK.. #UdahGituAja
3.       Cari Kesibukan
sibukkan dirimu dengan hal2 yang baru dan hal2 yang menyenangkan yang bisa buat kamu lupa dengan kegalauan.. ex. hang out brg kawan, nah ini bener banget guys,, gw alamin emang kalo elu punya kesibukan elu pastinya bakalan Lupa kalo elu lagi Down karena Patah hati,, Ini yang termapuh banget,,
4.       Denger Lagu Galau Yang Secukupnya
nah kalau lagi galau itu paling sneng bner yang denger lagu slow melow2 kayak gimana gitu.. apa lagi denger lagu yang menyangkut perasaan yang sedang di rasakan.. lebih baik lo denger lagu yang buat lo semangat lagi dan percaya diri .. ex : senyum semangat dan dunia belum berakhir “dunia belum berakhir bila kau putuskan aku” ahah
5.       CURHAT
 menurut gue curhat itu paling ampuh loh. dimana ada seseorang yang mau dengerin keluh kesah kita.mungkin dengan curhat perasaan agak sedikit legaan.tapi curhat juga jangan sembarang .. harus kpd orang yg bisa di percaya atau enggak ember sobb.. :D
so guys hidup kita tak akan berhenti sampai disini, life must be go on.!! bersyukur lah dengan apa yg Allah kasih.. karna di balik tangisan lo suatu saat ada senyuman.. dan percaya lah Allah senantiasa memberikan yang terbaik untuk mu. mungkin si dia itu bukan yang terbaik tapi Allah akan kirim kan yang jauh lebih baik darinya.mungkin allah akan memberikan kebahagiaan yg tak pernah kalian duga. =)

0 komentar:

Posting Komentar